Laporan Observasi Wawancara

Nama    : Nur Apriliani Rachman
Kelas    : Pendidikan Kimia 2B
NIM     : 11160162000062





LAPORAN OBSERVASI DAN WAWANCARA


            Pendidikan di Indonesia tidak hanya ditekankan pada pengembangan anak didik tetapi juga kualitas pendidik dan kurikulum yang digunakan. Pendidik merupakan pengemban amanah terhadap hasil pembelajaran anak didiknya dalam membentuk, membina, dan mengembangkan potensinya sebagai generasi bangsa. Tugas pendidik tidak hanya menyampaikan informasi mengenai ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Namun juga sebagai fasilitator dan pembimbing serta memberikan situasi pembelajaran yang kondusif sehingga dapat menimbulkan semangat belajar peserta didik. Dalam hal ini, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai salah satu universitas yang mencetak sarjana-sarjana dimana nantinya akan memberikan konstribusi yang besar dalam pengembangan pendidikan Indonesia. Wa bil khusus Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebagai fakultas yang secara spesifik terjun langsung ke dunia pendidikan. Adapun tugas observasi dan wawancara ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan mengenai gambaran dunia pendidikan sehingga mahasiswa memiliki persiapan sebagai seorang guru di masa yang akan datang.
            Observasi dan wawancara dilakukan di MAN 1 Kota Tangerang Selatan. Observasi ini berfokus pada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) mata pelajaran kimia di kelas XI MIA 2. Untuk menciptakan kondisi kelas yang semangat, guru memasuki kelas dengan mengucap salam diikuti senyum renyahnya. Siswa yang tadinya tidak ada pada tempat duduknya mulai mencari tempat, menjawab salam, dan membuka buku pelajaran sebagai tanda siap menerima pelajaran baru. Ketua kelas memimpin doa untuk mengawali pembelajaran kali ini. Masih dengan senyum renyahnya, guru menanyakan kabar siswa hari ini dan dengan menyebutkan beberapa nama siswa sebagai tanda kepedulian guru terhadap siswanya. Dalam mengajar, guru menggunakan laptop. LCD, dan proyektor karena pendidik tidak hanya harus paham tentang ilmu yang diampunya, tapi juga harus paham tentang teknologi masa kini. MAN 1 Kota Tangerang Selatan sudah berbasis Kurikulum 2013 (K13). Dalam mengimplementasikan K13, guru memberikan materi berikut beberapa contohnya, kemudian siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan diberikan selembar soal. Setelah diberikan waktu sekitar 15 menit, guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk maju dan menjelaskan kepada kelompok yang lain. Hal ini bertujuan agar siswa menjadi lebih aktif dan komunikatif baik didalam kelompok maupun di depan kelompok lainnya. Guru selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba menuliskan jawaban kelompoknya dan memberi uplause kepada yang sudah berani maju karena hal mendasar yang harus dimiliki oleh orang sukses ada keberanian.
            Dari obesevasi ini, saya memiliki pandangan guru kimia yang ideal dimana seorang guru membangun kesan pertama yang menyenangkan dan tidak kaku (santai tapi serius). Guru juga harus mengikuti perkembangan zaman seperti media pembelajaran yang digunakan serta memahami bahasa ‘anak kekinian’ agar guru dapat senada mengikuti perkembangan anak didik. Akhlak yang baik, penampilan yang sopan dan santun, dan fisik yang kuat diperlukan guru untuk terus membina generasi bangsa ini. Guru juga harus menginspirasi agar siswa dapat terus mencharge semangat dan motivasi belajarnya sehingga kehadiran guru selalu dirindukan siswanya. Esok, kami yang menjadi bagian dalam pendidikan Indonesia. Aamiin ya Rabbal’alamin.

Memenuhi Tugas Ulangan Akhir Semester Mata Kuliah Psikologi Pendidikan
Dosen Pengampu Ibu Arizka.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN  ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Hasil Observasi